Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Aman

Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Aman


Tips Memilih Sepatu Gunung - Di tulisan sebelumnya, beberapa peralatan untuk pendakian gunung seperti baju dan celana lapangan, kompor lapangan, serta ransel atau keril telah saya bahas satu persatu. Selain itu, sedikit bahasan tentang karakteristik sepatu gunung yang baik juga telah saya ulas dalam tulisan "peralatan dasar pendakian".

Untuk melengkapi bahasan mengenai peralatan pendakian khususnya tentang sepatu gunung, kali ini saya akan coba memberikan beberapa tips yang mungkin bisa berguna saat anda akan memilih sepatu gunung untuk dibeli.

Sedikit Pendahuluan tentang Sepatu Gunung
Sepatu merupakan peralatan dasar yang sangat vital kegunaannya dalam kegiatan pendakian. Karena modal utama dalam transportasi atau pergerakan kita saat mendaki adalah kedua kaki yang membutuhkan pelindung agar terhindar dari berbagai resiko, seperti cedera yang diakibatkan medan terjal berbatu yang kerap dijumpai dalam sebuah pendakian.

Fungsi lain dari sepatu adalah sebagai pakaian yang bernilai estetika yang dapat membuat penampilan kita saat mendaki akan terlihat macho dan keren (dengan catatan kita memakai sepatu yang memiliki tampilan luar bagus).

Tips Memilih Sepatu Gunung

Saat ini, model dan jenis sepatu gunung yang tersedia di toko-toko outdoor di kota anda, ataupun di toko online semakin banyak dan beragam. Hal ini tentunya memberikan keuntungan pada kita sebagai pembeli. Dengan banyaknya ragam dan jenis sepatu yang tersedia, kita bisa lebih leluasa untuk memilih dan menentukan sepatu mana yang memiliki kualitas terbaik dan cocok untuk kita pakai. Namun di lain sisi, hal ini juga bisa membuat kita bingung untuk menentukan pilihan sepatu terbaik yang layak kita beli.

Sepatu Gunung Jogja
Untuk memilih sepatu gunung yang baik dan berkualitas (dinilai dari segi fungsi utama sebagai pelindung kaki dan fungsi estetika), kita perlu memperhatikan dengan baik berbagai aspek yang ada dalam sepatu gunung yang akan kita pilih.

Beberapa tips berikut ini mungkin akan membantu anda untuk menentukan pilihan sepatu gunung terbaik yang layak anda beli.

1. Sesuaikan jenis sepatu dengan medan yang akan dihadapi.
Pikirkan baik-baik medan seperti apa yang akan anda lalui dalam pendakian yang anda lakukan, pikirkan kemungkinan medan paling buruk yang akan dihadapi, sehingga anda akan dapat menentukan sepatu gunung seperti apa yang anda butuhkan untuk menghadapi medan yang akan dihadapi.

2. Pertimbangkan ukuran sepatu dengan cermat.
Pilihlah ukuran yang benar-benar pas dengan kaki anda, sepatu gunung dengan ukuran yang terlalu kecil akan sangat menyakitkan untuk dipakai dan bisa membuat kaki anda cedera, sedangkan sepatu yang terlalu loggar tak akan nyaman dipakai dan cukup mengganggu pergerakan dinamis dari kaki anda.
Namun menurut pengalaman saya, memakai sepatu yang terlalu pas juga kadang bisa menimbulkan cedera, terutama di ujung jari kaki setelah berlarian turun gunung. Untuk itu, lebih baik anda memilih sepatu dengan ukuran lebih satu nomor dari ukuran kaki anda. Lebih dari itu, jika memilih nomor yang terlalu besar akan kurang nyaman dipakai seperti yang saya bahas di atas.

3. Beban pendakian yang akan anda bawa juga harus jadi pertimbangan.
Perkirakan berat beban yang akan anda bawa saat melakukan pendakian, semakin berat beban yang akan anda bawa, semakin baik juga kualitas sepatu yang anda butuhkan guna mendukung perjalanan pendakian anda. Sepatu khusus untuk teknik pendakian ultralight akan cepat rusak jika anda mendaki dengan gaya konvensional yang menitikberatkan pada banyaknya barang bawaan.

4. Pertimbangkan untuk memilih sepatu yang cukup ringan.
Meski harganya mungkin relatif lebih mahal, namun pengurangan beban dari sepatu ini akan membantu meringankan langkah anda. Sepatu jenis ini sangat cocok jika anda penyuka teknik ultralight hiking.

5. Jenis bahan sepatu juga harus anda pertimbangkan.
Sepatu yang sebagian besar bahannya terbuat kulit memiliki keunggulan pada kekuatan, daya tahan yang prima, anti air, dan breathable (memiliki sirkulasi udara baik), namun memiliki kekurangan pada berat sepatu yang cukup lumayan. Sementara sepatu dengan bahan campuran kulit dan karet sintetis memiliki berat yang lebih ringan, namun kekuatan dan daya tahannya tak lebih baik dari sepatu kulit.

6. Jangan terlalu terpaku pada harga.
"Harga biasanya tak pernah berbohong" Begitulah kalimat yang banyak dipercaya orang, sehingga timbul anggapan bahwa semua barang dengan harga mahal pasti punya kualitas yang lebih baik daripada barang serupa dengan harga lebih murah.

Namun jangan terlalu yakin dan terbuai dengan kepercayaan tersebut. Tidak semua sepatu gunung berharga mahal punya kualitas yang lebih baik daripada sepatu lain berharga murah. Anda harus cermat dan berhati-hati dalam memilih sepatu gunung. Jika memang sesuai kriteria yang saya bahas di tulisan ini, dan juga sangat nyaman dipakai, sepatu berharga murah pun bisa jadi lebih cocok untuk anda beli.

7. Perbanyaklah bertanya pada si penjual sebelum anda benar-benar membeli sepatu gunung yang anda sukai.
Jangan malu untuk banyak bertanya tentang berbagai hal berkaitan dengan sepatu yang anda sukai sebelum benar-benar deal membeli sepatu tersebut. Bahannya terbuat dari apa? Adakah garansi kerusakan? Apakah sepatu tersebut tahan air? Bagaimana cara terbaik merawat sepatu tersebut? dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membuat anda semakin tahu keunggulan dan kekurangan dari sepatu yang akan anda beli. Jika merasa tak cocok, anda bisa beralih ke sepatu lain.

8. Jangan lupa untuk mencoba memakai sepatu sebelum benar-benar anda beli.
Hal terpenting yang perlu anda perhatikan dalam memilih sepatu gunung adalah aspek kenyaman saat dipakai. Mencoba sepatu pilihan anda sebelum deal membeli merupakan langkah yang harus anda lakukan. Coba kenakan dan berjalanlah disekitar untuk mengetahui tingkat kenyamanan dari sepatu tersebut. Jika nyaman dipakai, cocok dengan kaki anda, dan tentunya sesuai dengan budget di dompet anda, jangan ragu lagi untuk segera deal membeli.



No comments:

Post a Comment

Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Aman

Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Aman Tips Memilih Sepatu Gunung - Di tulisan sebelumnya, beberapa peralatan untuk pendakian gunung sepe...